Sunday, October 26, 2008

Sebulan Hidup di Negeri Orang

Akhirnya, sebulan sudah gw di Maastricht, Netherlands. Sebetulnya kelewat seminggu sih, but it doesn't matter why I'm starting my blog now. Banyak yang sudah gw pelajari. Dari mulai belajar Financial Accounting for Manager yg buat gw mati kutu soalnya gak pernah dealing with sebelumnya, belajar naik sepeda lagi (kapan terakhir daku naik sepeda aja udah lupa tuh), juga belajar masak.

Bener ya kata orang tua, "setinggi-tinggi pendidikan perempuan, dia tetep harus bisa masak." Dulunya gw gak percaya lo. "Halah, kalo nyari suami, yg bisa menerima gender equity, dunks, jadi gak soal bisa masak atau nggak." Eh, teryata nasihat ortu itu terbukti lo disini. Bayangin, kalo aku gak bisa masak, bisa habis berapa euro tu buat makan sehari. Mana jarang banget yg jual nasi lagi disini. Even McDonalds aja nggak punya paket nasi disini hahaha. Kalo di Malaysia or Singapura or Thai si masih lumayan. Lah, disini? Yang ada malah McSate tapi isinya bumbu kacang plus mayonaise. Halah...halah..

Yang penting gw pelajari juga adalah, belajar memahami orang lain dan bertenggang rasa. Buset itu gampang diomongin, tapi rada susah dipraktekin lo. Secara disini kan gw ketemu temen2 baru, ada yg juga dari Indo ada juga yg dari berbagai negara dan budaya. Ternyata bener ya, budaya orang2 dari masiing2 negara itu beda2. Sampe terkaget2 gw dibuatnya. Soalnya ada temen kuliah gw satu kelas yg berasal dari salah satu negara di Eropa Timur, yg jelas2 cabut karena gak setuju pas kita lg diskusi. Kok bisa ya? Itu budaya negaranya or personality orangnya ya?

Banyak deh yg dipelajarin disini. But it's fun kok. Karena manusia emang harus belajar, belajar dan belajar. Mbuh hasilnya gimana, yg penting kita tau prosesnya. Apalagi kalo bonusnya belajar itu bisa jalan2. Apa kebalik ya, belajar jangan mengganggu jalan-jalan hahaha...

No comments: