Tuesday, October 28, 2008

Bangun Tengah Malam







Guys....






Gw kebangun tengah malem. Enggak ding. Udah jam 4 waktu sini. Kaget euy. Td ngimpiin tiga ponakan gw yg lucu2. Semoga gak ada apa2 ya. Ini kali pertama gw bangun malem2 di Maastricht soalnya. Rada kaget jg musti gimana. Mo minum teh anget, mesti masak dl pake teko pemanas air. Mo minum air putih langsung dari keran, dingin euy. Karena lama nunggu bikin air, keburu ilang deh ngantuknya dan segera menyalakan laptop.

Sebetulnya ada hubungan gak sih bangun malam2 sama mimpi kita? Or sebetulnya itu cuma gejala biasa seperti halnya kalo kita lupa sesuatu saat kita dalam keadaan sadar? Bener gak sih ada kaitan antara mimpi kita dengan kejadian sehari2, yang telah dan akan kita jalani?

Waduh, so many questions to ask. Tapi setelah gw baca informasi di situs http://sleepclinicjakarta.tblog.com/post/1969893171, gw sekarang punya jawabnya. Tengs ya, dokter Andreas Prasadja yang menulis artikel ini. Kayaknya dia dokter spesialis ketiduran deh hehehe...
Salah satu pakar (baca Freud, tapi gw gak tau siapa dia), menyatakan bahwa mimpi adalah sebuah ‘saluran’ pengaman bagi emosi manusia, dimana emosi atau perasaan-perasaan yang ditekan selama terjaga dapat dikeluarkan secara sehat lewat mimpi. Bahasa sederhananya nih, mimpi yang juga disebut sleep mentation, mempunyai hubungan erat dengan emosi. Artinya, kualitas mimpi itu sangat dipengaruhi oleh keadaan emosi sebelum tidur.

Trs kaitannya sama tafsir mimpi, si dokter bilang, itu tergantung sm budaya si pemimpi. Karena tafsir mimpi itu nggak bersifat universal. Sebab, mimpi mempunyai arti tersendiri bagi setiap kebudayaan atau individu. Pun demikian dengan masyarakat modern yang tak mengakui tafsir mimpi. Kayak gw ni contohnya hehehe...

Menurut dia, mimpi memberikan suatu rasa emosi yang begitu kuat, sehingga bagi si pemimpi, mimpi bisa berarti nyata. Lingkungan, benda-benda maupun orang dalam dunia mimpi bisa tampak absurd, tetapi perasaan yang ditimbulkannya tidak. Emosi yang muncul dalam mimpi begitu nyata dirasakan hingga dapat mempengaruhi seseorang setelah bangun.

Nah, lo. Jadi kalo menurut gw, gw tadi bangun tiba2 karena emosi yang muncul dalam mimpi gw barusan begitu dalam. Sedalam samudera kata penyanyi2 jadul di lagu2 mereka. Mungkin karena sebelum tidur tadi gw liatin foto2 ponakan gw, akhirnya emosi itu kebawa pas tidur dan menyergap (ceile) malam2 begini sehingga mengakibatkan gw terbangun.

Hemmm... emang I miss three little angels di rumah kakak gw sm adek gw hehehe....

1 comment:

yurasyahrul said...

Kirain bangun buat sholat malam. Ternyata...hehehehe...